Temui Saya di Facebook

Hakikat Pengumuman

Menurut Nur’aini (2008:101) pengumuman adalah proses atau cara, perbuatan mengumumkan. Pengumuman juga bisa diartikan pesan atau informasi yang disampaikan oleh pihak tertentu kepada umum. Pengumuman berbeda dengan iklan, pengumuman hanya menyampaikan pesan atau informasi yang berguna untuk kepentingan umum. Pengumuman bersifat umum, artinya isi pengumuman untuk diketahui oleh banyak orang. Warsidi (2007:103) mengelompokan jenis-jenis pengumuman sebagai berikut: (a) laporan kegiatan atau acara, (b) berita pernikahan, ulang tahun, kelahiran, dan peresmian, (c) berita duka, (d) pengumuman pemenang, (e) lowongan pekerjaan atau penerimaan siswa baru, (f) pemberitahuan dan instansi pemerintah, (g) iklan, (h) pengumuman orang hilang.

Pembuatan pengumuman harus memperhatikan bagian-bagian pengumuman. Menurut Nur’aini (2008:108), bagian-bagian pengumuman terdiri dari: (1) tujuan pengumuman, (2)  isi pengumuman, (3) sasaran pengumuman, (4) media yang digunakan, (5) bahasa pengumuman, dan (6) bentuk pengumuman.

DAFTAR ISI
Nur’aini & Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Warsidi, E. & Farika. 2007. Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Post a Comment

0 Comments