Seperti kita semua ketahui bahwa P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) adalah Penanaman dan Penilaian Sikap/Karakter yang dikemas dalam pembelajaran berbasis projek. Sesuai dengan namanya, yang dinilai dan dikedepankan dalam P5 adalah Sikap/Karakter.
Karakter/Sikap apakah yang dimaksud?. Karakter yang dimaksud adalah keenam dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Jadi, saat kita melaksanakan P5, hakikatnya kita sedang menanamkan dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila melalui proyek yang kita rancang. Maka, penilaiannya pun berupa penilaian sikap.
Dalam penilaian sikap, instrumen yang paling sering digunakan adalah Rubrik Observasi Sikap yang bisa dilengkapi dengan catatan anekdot. Berikut ini adalah contoh rubrik observasi sikap.
Berikut ini adalah contoh rekapnya menjadi nilai rapor:
Silahkan klik pada judul sub elemen yang sesuai untuk mendownload
FASE B (KELAS 3 dan 4)
Dimensi 1 Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Elemen: Akhlak beragama
Sub Elemen:
- Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa
- Pemahaman Agama/ Kepercayaan
Elemen : Akhlak pribadi
Sub Elemen:
- Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual
Elemen : Akhlak kepada Manusia
Sub Elemen:
- Mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaanElemen : Akhlak kepada Alam
Sub Elemen:
- Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi- Menjaga Lingkungan Alam Sekitar
Elemen : Akhlak Bernegara
Sub Elemen:
- Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara Indonesia
Dimensi 2 Berkebinekaan Global
Elemen: Mengenal dan menghargai budaya
Sub Elemen:
- Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuan budaya, kepercayaan, serta praktiknya
Elemen: Komunikasi dan interaksi antar budaya
- Berkomunikasi antar budaya
- Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif
Elemen: Refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan
Sub Elemen:
- Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan.- Menghilangkan stereotip dan prasangka
- Menyelaraskan perbedaan budaya
Elemen: Berkeadilan Sosial
Sub Elemen:
- Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan- Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bersama
- Memahami peran individu dalam demokrasi
Dimensi 3 Bergotong Royong
Elemen: Kolaborasi
Sub Elemen:
- Kerja sama- Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama
- Saling ketergantungan positif
Elemen: Kepedulian
Sub Elemen:
- Tanggap terhadap lingkungan SosialElemen: Berbagi
Sub Elemen:
Dimensi 4 Mandiri
Elemen: Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi
Sub Elemen:
- Mengenali kualitas dan minat diri serta tantangan yang dihadapiElemen: Regulasi Diri
Sub Elemen:
- Regulasi Emosi- Penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya
- Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri
- Mengembang kan pengendalian dan disiplin diri- Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif
- Mengajukan pertanyaan
- Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan
Elemen: Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya
Sub Elemen:
- Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya
Elemen: Refleksi pemikiran dan proses berpikir
Sub Elemen:
- Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri
Dimensi 6 Kreatif
Elemen: Menghasilkan gagasan yang orisinal
Sub Elemen:
- Menghasilkan gagasan yang orisinal
Elemen: Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
Sub Elemen:
- Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal
Elemen: Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan
Sub Elemen:
- Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan
0 Comments