Bapak/Ibu mungkin sudah melaksanakan pembelajaran P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di sekolah masing-masing. Namun, kita seringkali menemui kesulitan dalam melakukan penilaian saat melaksanakan P5.
Seperti kita semua ketahui bahwa P5 (Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila) adalah Penanaman dan Penilaian Sikap/Karakter yang
dikemas dalam pembelajaran berbasis projek. Sesuai dengan namanya, yang dinilai
dan dikedepankan dalam P5 adalah Sikap/Karakter.
Karakter/Sikap apakah yang dimaksud?. Karakter yang
dimaksud adalah keenam dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Jadi, saat kita
melaksanakan P5, hakikatnya kita sedang menanamkan dimensi dalam Profil Pelajar
Pancasila melalui proyek yang kita rancang. Maka, penilaiannya pun berupa
penilaian sikap.
Dalam penilaian sikap, instrumen yang paling sering
digunakan adalah Rubrik Observasi Sikap yang bisa dilengkapi dengan catatan
anekdot. Berikut ini adalah contoh rubrik observasi sikap.
Berikut ini adalah contoh rekapnya menjadi nilai
rapor:
Dalam melaksanakan P5 biasanya kita memilih sekitar
tiga Dimensi Profil Pelajar Pancasila beserta Elemen dan Sub elemennya untuk
kita kembangkan menjadi Lembar Penilaian Sikap sesuai Fase kita mengajar.
Berikut ini contoh Lembar Penilaian Sikap untuk semua dimensi yang dikembangkan
dari Keputusan Kepala BSKAP No 009/H/KR/2022. Bapak/Ibu bisa memilihnya sesuai
dengan Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang disasar dalam P5 (Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila) di sekolah masing-masing.
Silahkan klik pada judul sub elemen yang sesuai untuk
mendownload
FASE C (KELAS
5 dan 6)
Dimensi 1
Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Elemen: Akhlak beragama
Sub Elemen:
- Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa
- Pemahaman Agama/ Kepercayaan
Elemen : Akhlak pribadi
Sub Elemen:
- Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual
Elemen : Akhlak kepada Manusia
Sub Elemen:
- Mengutamakan persamaan dengan orang lain danmenghargai perbedaan
Elemen : Akhlak kepada Alam
Sub Elemen:
- Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi
- Menjaga Lingkungan Alam Sekitar
Elemen : Akhlak Bernegara
Sub Elemen:
- Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga NegaraIndonesia
Dimensi 2
Berkebinekaan Global
Elemen:
Mengenal dan menghargai budaya
Sub Elemen:
- Mendalami budaya dan identitas
- Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuanbudaya, kepercayaan, serta praktiknya
- Menumbuhkan rasa menghormati terhadapkeanekaragaman budaya
Elemen: Komunikasi dan interaksi antar
budaya
Sub Elemen:
- Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagaiperspektif
Elemen: Refleksi dan bertanggung jawab
terhadap pengalaman kebinekaan
Sub Elemen:
- Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan.
- Menghilangkan stereotip dan prasangka
- Menyelaraskan perbedaan budaya
Elemen: Berkeadilan Sosial
Sub Elemen:
- Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan
- Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusanbersama
- Memahami peran individu dalam demokrasi
Dimensi 3
Bergotong Royong
Elemen:
Kolaborasi
Sub Elemen:
- Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama
- Saling ketergantungan positif
Elemen: Kepedulian:
Sub Elemen:
- Tanggap terhadap lingkungan Sosial
Elemen: Berbagi
Sub Elemen:
Dimensi 4
Mandiri
Elemen: Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi
Sub Elemen:
- Mengenali kualitas dan minat diri serta tantanganyang dihadapi
Elemen:
Regulasi Diri
Sub Elemen:
- Penetapan tujuan belajar, prestasi, danpengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya
- Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri
- Mengembang kan pengendalian dan disiplin diri
- Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif
Dimensi 5
Bernalar Kritis
Elemen:
Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan
Sub Elemen:
- Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolahinformasi dan gagasan
Elemen: Menganalisis dan mengevaluasi
penalaran dan prosedurnya
Sub Elemen:
- Menganalisis dan mengevaluasi penalaran danprosedurnya
Elemen: Refleksi pemikiran dan proses
berpikir
Sub Elemen:
- Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri
Dimensi 6
Kreatif
Elemen: Menghasilkan
gagasan yang orisinal
Sub Elemen:
- Menghasilkangagasan yang orisinal
Elemen: Menghasilkan karya dan tindakan
yang orisinal
Sub Elemen:
- Menghasilkankarya dan tindakan yang orisinal
Elemen: Memiliki keluwesan berpikir dalam
mencari alternatif solusi permasalahan
Sub Elemen:
- Memiliki keluwesan berpikir dalam mencarialternatif solusi permasalahan
0 Comments