Temui Saya di Facebook

Contoh Daftar Nilai pada Pembelajaran P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Fase C (Kelas 5 dan 6 SD)

Bapak/Ibu mungkin sudah melaksanakan pembelajaran P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di sekolah masing-masing. Namun, kita seringkali menemui kesulitan dalam melakukan penilaian saat melaksanakan P5.

Seperti kita semua ketahui bahwa P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) adalah Penanaman dan Penilaian Sikap/Karakter yang dikemas dalam pembelajaran berbasis projek. Sesuai dengan namanya, yang dinilai dan dikedepankan dalam P5 adalah Sikap/Karakter.

Karakter/Sikap apakah yang dimaksud?. Karakter yang dimaksud adalah keenam dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Jadi, saat kita melaksanakan P5, hakikatnya kita sedang menanamkan dimensi dalam Profil Pelajar Pancasila melalui proyek yang kita rancang. Maka, penilaiannya pun berupa penilaian sikap.

Dalam penilaian sikap, instrumen yang paling sering digunakan adalah Rubrik Observasi Sikap yang bisa dilengkapi dengan catatan anekdot. Berikut ini adalah contoh rubrik observasi sikap.

Berikut ini adalah contoh rekapnya menjadi nilai rapor:

Dalam melaksanakan P5 biasanya kita memilih sekitar tiga Dimensi Profil Pelajar Pancasila beserta Elemen dan Sub elemennya untuk kita kembangkan menjadi Lembar Penilaian Sikap sesuai Fase kita mengajar. Berikut ini contoh Lembar Penilaian Sikap untuk semua dimensi yang dikembangkan dari Keputusan Kepala BSKAP No 009/H/KR/2022. Bapak/Ibu bisa memilihnya sesuai dengan Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang disasar dalam P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) di sekolah masing-masing.

Silahkan klik pada judul sub elemen yang sesuai untuk mendownload

 

FASE C (KELAS 5 dan 6)

Dimensi 1 Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia

Elemen:  Akhlak beragama

Sub Elemen:

- Mengenal dan Mencintai Tuhan Yang Maha Esa

- Pemahaman Agama/ Kepercayaan

- Pelaksanaan Ritual Ibadah

 Elemen : Akhlak pribadi

 Sub Elemen:

- Integritas

- Merawat Diri secara Fisik, Mental, dan Spiritual

Elemen : Akhlak kepada Manusia

Sub Elemen:

- Mengutamakan persamaan dengan orang lain danmenghargai perbedaan

- Berempati kepada orang lain

Elemen : Akhlak kepada Alam

Sub Elemen:

- Memahami Keterhubungan Ekosistem Bumi

- Menjaga Lingkungan Alam Sekitar  

Elemen : Akhlak Bernegara

Sub Elemen:

- Melaksanakan Hak dan Kewajiban sebagai Warga NegaraIndonesia

 

Dimensi 2 Berkebinekaan Global

Elemen: Mengenal dan menghargai budaya

Sub Elemen:

- Mendalami budaya dan identitas

- Mengeksplorasi dan membandingkan pengetahuanbudaya, kepercayaan, serta praktiknya

- Menumbuhkan rasa menghormati terhadapkeanekaragaman budaya

Elemen: Komunikasi dan interaksi antar budaya

Sub Elemen:

- Berkomunikasi antar budaya

- Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagaiperspektif

Elemen: Refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan

Sub Elemen:

- Refleksi terhadap pengalaman kebinekaan.

- Menghilangkan stereotip dan prasangka

- Menyelaraskan perbedaan budaya

Elemen: Berkeadilan Sosial

Sub Elemen:

-  Aktif membangun masyarakat yang inklusif, adil, dan berkelanjutan

- Berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusanbersama

- Memahami peran individu dalam demokrasi

 

Dimensi 3 Bergotong Royong

Elemen: Kolaborasi

Sub Elemen:

- Kerja sama

- Komunikasi untuk mencapai tujuan bersama

- Saling ketergantungan positif

- Koordinasi sosial

Elemen: Kepedulian:

Sub Elemen:

- Tanggap terhadap lingkungan Sosial

- Persepsi sosial

Elemen: Berbagi

Sub Elemen:

- Berbagi

 

Dimensi 4 Mandiri

Elemen:  Pemahaman diri dan situasi yang dihadapi

Sub Elemen:

- Mengenali kualitas dan minat diri serta tantanganyang dihadapi

- Mengembangkan refleksi diri

Elemen:  Regulasi Diri

Sub Elemen:

- Regulasi Emosi

- Penetapan tujuan belajar, prestasi, danpengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya

- Menunjukkan inisiatif dan bekerja secara mandiri

- Mengembang kan pengendalian dan disiplin diri

- Percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif

 

Dimensi 5 Bernalar Kritis

Elemen: Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan

Sub Elemen:

- Mengajukan pertanyaan

- Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolahinformasi dan gagasan

Elemen: Menganalisis dan mengevaluasi penalaran dan prosedurnya

Sub Elemen:

- Menganalisis dan mengevaluasi penalaran danprosedurnya

Elemen: Refleksi pemikiran dan proses berpikir

Sub Elemen:

- Merefleksi dan mengevaluasi pemikirannya sendiri

 

Dimensi 6 Kreatif

Elemen: Menghasilkan gagasan yang orisinal

Sub Elemen:

-  Menghasilkangagasan yang orisinal

Elemen: Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal

Sub Elemen:

-  Menghasilkankarya dan tindakan yang orisinal

Elemen: Memiliki keluwesan berpikir dalam mencari alternatif solusi permasalahan

Sub Elemen:

- Memiliki keluwesan berpikir dalam mencarialternatif solusi permasalahan

Post a Comment

0 Comments