Temui Saya di Facebook

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP



Tuhan Yang Maha Esa menciptakan alam dan seisinya, ada makhluk hidup dan ada benda tak hidup. Coba amati keadaan sekeliling kita! Manusia berlari-lari saat bermain bola, katak melompat di
sawah, tumbuhan bergerak karena ada rangsangan, dan sebagainya. Mengapa makhluk hidup dapat
bergerak?
Manusia, hewan, dan tumbuhan adalah makhluk hidup. Coba perhatikan benda lain! Ternyata ada
yang tidak bergerak. Benda yang tidak bergerak itu disebutbenda tak hidup. Apakah semua benda
yang tak bergerak disebut benda tak hidup? Apa sajakah yang termasuk benda tak hidup?
Apa perbedaan Makhluk Hidup dengan Benda tak hidup?
Tentu saja bisa dilihat fari ciri-cirinya. Makhluk hidup memiliki ciri-ciri. Berikut ciri-ciri makhluk hidup:
1. Makhluk Hidup Memerlukan Makanan
Mengapa kita harus makan setiap hari? Apa fungsi makanan tersebut bagi tubuh kita? Untuk kelangsungan hidupnya, makhluk hidup memerlukan makanan yang cukup.Melalui makanan, makhluk hidup memperoleh tenaga. Di samping itu, zat makanan yang telah kita makan digunakan untuk tumbuh, bergerak, dan memperbaiki bagian tubuh yang rusak. Makanan makhluk hidup bermacam-macam. Jenis makanan bergantung pada jenis makhluk hidup yang memakannya.

2. Makhluk Hidup Bergerak
Bagaimana kamu dapat sampai di sekolah? Kamu dapat sampai di sekolah karena bergerak. Makhluk hidup umumnya dapat bergerak. Dengan bergerak, maka manusia dan hewan dapat berlari, melompat, berjalan, dan sebagainya. Gerakan hewan lebih beragam dibandingkan dengan gerakan manusia dan tumbuhan. Tumbuhan hanya dapat bergerak di tempat dan tidak dapat berpindah tempat. Hewan dapat bergerak dan berpindah tempat. Hewan bergerak, antara lain menggunakan kaki, tangan, perut, sayap, dan sirip. Hal tersebut disesuaikan dengan jenis hewannya.
Bagaimana gerakan yang dilakukan tumbuhan? Jika kamu perhatikan, pucuk tumbuhan umumnya akan bergerak menuju ke arah datangnya sinar matahari. Gerakan tersebut bertujuan untuk memperoleh sinar matahari atau untuk melindungi diri.
Contoh lainnya, bunga matahari bergerak sesuai dengan arah datangnya sinar matahari. Di pagi hari, bunga matahari menghadap ke arah timur. Di tengah hari, bunga matahari menghadap ke atas.
Di sore hari, bunga matahari menghadap ke barat.
Makhluk hidup bergerak karena ada rangsangan. Tujuan makhluk hidup bergerak bermacammacam. Ada yang bergerak dengan tujuan untuk memperoleh makanan. Misalnya, kucing menerkam tikus. Ada pula yang bertujuan untuk menghindari musuh. Misalnya, kadal atau cecak segera berlari
dan memutuskan ekornya jika diserang musuh; dan sebagainya.
3. Makhluk Hidup Tumbuh
Pernahkah kamu mengamati tumbuhan jagung? Berasal dari manakah tumbuhan jagung? Tumbuhan jagung berasal dari biji jagung yang ditanam di dalam tanah. Mengapa biji jagung dapat tumbuh menjadi tumbuhan jagung?
Hewan dan manusia juga mengalami pertumbuhan. Kamu mengalami pertumbuhan dari mulai bayi sampai menjadi besar seperti sekarang. Tinggi dan besar orang dewasa berbeda dengan tinggi dan besar anak. Ayam mengalami pertumbuhan dari telur yang
telah menetas sampai menjadi ayam. Tinggi anak ayam berbeda dengan tinggi induknya.
Kecepatan pertumbuhan setiap makhluk hidup tidak sama. Pada umur yang sama, tinggi badanmu dan tinggi pohon kelapa tidak sama. Demikian juga tinggi tumbuhan jagung juga tidak sama dengan tinggi ayam. Pada umur tertentu, pertumbuhan makhluk hidup akan terhenti. Pada usia sekitar 22 tahun, tinggi badan manusia tidak akan bertambah lagi. Namun, ada jenis tumbuhan yang dapat tumbuh terus walau umurnya telah tua. Tumbuhan itu disebut sequoia raksasa yang terdapat di Amerika Serikat.
4. Makhluk Hidup Mempunyai Keturunan
Mengapa ayam tidak pernah habis meskipun setiap hari dikonsumsi manusia? Mengapa padi tidak pernah habis meskipun setiap hari dimasak dan dimakan manusia? Mengapa kamu selalu mempunyai adik kelas yang baru?
Hewan, tumbuhan, dan manusia selalu ada dan bertambah banyak. Hal itu disebabkan oleh adanya kemampuan makhluk hidup untuk mempunyai keturunan. Dengan menghasilkan keturunan yang sejenis, maka makhluk hidup dapat terus melestarikan jenisnya. Kemampuan makhluk hidup untuk mempunyai keturunan disebut berkembang biak.
Cara perkembangbiakan makhluk hidup bermacam-macam. Manusia berkembang biak secara melahirkan, ayam berkembang biak secara bertelur, kucing berkembang biak secara melahirkan, dan
sebagainya. Cara berkembang biak tumbuhan lebih beragam. Ada tumbuhan yang berkembang biak dengan cara setek, misalnya tebu; dengan tunas, misalnya pisang; dengan biji, misalnya jagung, dan sebagainya.
5. Makhluk Hidup Bernapas
Coba tutup hidungmu sehingga tidak dapat bernapas. Apa yang kamu rasakan? Bernapas artinya menghirup udara segar dan menghembuskan udara kotor. Udara yang segar baik untuk pernapasan. Mengapa demikian? Sebab udara yang segar banyak mengandung oksigen, misalnya pada saat pagi hari. Sewaktu bernapas, kamu menghirup oksigen dan melepaskan karbondioksida.
Di dalam tubuh makhluk hidup, oksigen digunakan untuk proses pembakaran makanan. Proses tersebut akan menghasilkan karbondioksida, tenaga, dan uap air. Tenaga inilah yang digunakan untuk
bergerak, tumbuh, dan menghasilkan keturunan.
Apakah tumbuhan juga bernapas? Tumbuhan bernafas pada siang hari dengan menyerap karbon dioksida melalui stomata pada daun dan lentisel pada batang. Karbon dioksida tersebut diperlukan untuk proses fotosintesis pada tumbuhan yang mengeluarkan oksigen.
6. Makhluk Hidup Peka terhadap Rangsang
Tahukah kamu tumbuhan putri malu? Mari mencoba menyentuh tumbuhan putri malu. Apa yang terjadi? Tumbuhan putri malu akan menutup daunnya jika terkena sentuhan. Beberapa hewan juga peka terhadap sentuhan. Bekicot akan memasukkan kepalanya jika terkena sentuhan. Manusia juga peka terhadap rangsang. Manusia memiliki bagianbagian tubuh yang peka terhadap rangsang. Misalnya, mata peka terhadap rangsang cahaya. Telinga peka terhadap rangsang suara.

Post a Comment

0 Comments