Temui Saya di Facebook

Pengertian Belajar


A. Pengertian Belajar 

Belajar dalam kehidupan merupakan proses penting bagi perubahan perilaku manusia agar menjadi lebih baik. Menurut Thobroni (2011:16) belajar merupakan aktivitas manusia yang sangat vital dan secara terus menerus akan dilakukan selama manusia masih hidup. Menurut Morgan (1978) dalam Purwanto (1990:84) belajar adalah setiap perubahan yang relatif menetap dalam tingkah laku yang terjadi sebagai suatu hasil latihan atau pengalaman.


Menurut Gagne (1977) dalam Anni (2006:2) belajar merupakan perubahan disposisi atau kecakapan manusia, yang berlangsung selama periode tertentu, dan perubahan perilaku itu tidak berasal dari proses pertumbuhan. Menurut Sumiati (2009:38) secara umum belajar dapat diartikan sebagai proses perubahan perilaku, akibat interaksi individu dengan lingkungan. Berbagai pengertian belajar yang telah diutarakan, dapat disimpulkan bahwa belajar adalah suatu proses yang berlangsung selama waktu tertentu berupa perubahan tingkah laku. Perubahan ini dapat dilihat dari aspek kognitif, afektif maupun psikomotor yang dihasilkan dengan melakukan suatu aktifitas/kegiatan secara sengaja maupun tidak disengaja.
Belajar bagi siswa merupakan perubahan perilaku yang relatif permanen dalam perilaku sebagai hasil pengalaman atau latihan. Belajar dalam lingkup sekolah, mempunyai peranan penting bagi siswa. Belajar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas kemampuan siswa diberbagai bidang seperti pengetahuan, pengalaman dan keterampilan siswa.

B. Pengertian Hasil Belajar


Setiap pembelajar pasti menginginkan hasil belajar yang baik setelah melakukan belajar. Menurut Anni (2006:4) hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah mengalami aktivitas belajar. Menurut Suprijono (2011:5) hasil belajar adalah pola-pola perbuatan, nilai-nilai, pengertian-pengertian, sikap-sikap, apresiasi dan keterampilan. Menurut Bloom (1978) dalam Suprijono (2011:6) hasil belajar mencakup kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Berdasarkan beberapa pengertian hasil belajar, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar merupakan akibat yang dialami oleh seorang yang telah melakukan aktivitas belajar yang berdampak pada perubahan keterampilan kognitif, afektif dan psikomotornya. Agar hasil belajar siswa dapat tercapai secara maksimal, maka dalam kegiatan pembelajaran guru harus memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa berasal dari faktor intern dan faktor ekstern. faktor intern berasal dari dalam siswa, contonya jasmaniah dan psikologis siswa. Faktor intern berasal dari luar diri siswa seperti lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
Hasil belajar dapat ditingkatkan dengan cara pemberian motivasi. Menurut Dawson Huncock “motivation he defined as the force that energizes, directs and sustains behavior toward a goal.” (Pintrich and Schunk, 1996). Motivasi adalah kekuatan yang memberikan energi, mengarahkan dan memelihara perilaku menuju sasaran. Motivasi sangat berperan dalam pembelajaran. Motivasi dapat mendorong siswa minat siswa untuk belajar. Salah satu cara untuk menarik minat siswa adalah penggunaan media yang tepat dalam pembelajaran. Penggunaaan media yang tepat dapat membuat siswa termotivasi, sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa dapat maksimal.
 

Post a Comment

0 Comments