Temui Saya di Facebook

Pengertian dan Hakikat Menulis Menurut Ahli


Menurut Tarigan (1986) dalam Muchlisoh (1996:254) menulis adalah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu. Menurut Rofi’uddin (2001:193) menulis diartikan sebagai kemampuan menggunakan bahasa untuk menyatakan ide, pikiran, atau perasaan kepada orang lain dengan menggunakan bahasa tulis. Menurut Supriadi (2002) dalam Doyin (2009:14) menulis merupakan suatu proses kreatif yang lebih banyak melibatkan cara berfikir menyebar/divergen daripada memusat/konvergen. Menurut Muchlisoh (1996:254) menulis adalah suatu kegiatan atau aktivitas dari seorang penulis menyampaikan suatu gagasan secara tidak langsung kepada orang lain dengan menggunakan lambang grafik yang dapat dipahami oleh penulis dan pembaca. Berdasarkan pengertian menulis yang telah diutarakan, dapat disimpulkan bahwa menulis adalah kegiatan menyampaikan pesan kepada pihak tertentu melalui simbol-simbol tulisan. Kegiatan menulis di Sekolah Dasar dapat melatih kreativitas siswa dan daya nalar siswa.

Kegiatan menulis terkait dengan kegiatan lainnya seperti kegiatan membaca, kebahasaan, mendengarkan dan berbicara. Savage (1989) dalam Zuchdi (2001:55) berpendapat bahwa menyimak, berbicara, membaca, dan menulis merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Keterampilan menulis mempunyai peran yang sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Salah satu tujuan pembelajaran menulis di Sekolah Dasar yaitu untuk menjadikan siswa memiliki kemampuan atau keterampilan Berbahasa Indonesia yang baik dan benar khususnya keterampilan menulis. Keterampilan menulis dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ditempatkan sejajar dengan keterampilan berbicara, menyimak, dan membaca. Keterampilan menulis bisa diperoleh setelah keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca. Hal ini menyebabkan keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang dianggap penting oleh siswa Sekolah Dasar.
Keterampilan menulis di Sekolah Dasar bertujuan agar siswa memiliki keterampilan dalam melakukan jenis kegiatan yang berkaitan dengan menulis. Keterampilan menulis yang dimiliki seperti menulis puisi, pantun, pengumuman membuat laporan, petunjuk, dan lain-lain. Salah satu alternatif untuk mencapai tujuan pembelajaran menulis yang telah diutarakan, guru haruslah kreatif dalam memilih model, metode, dan media yang tepat. Guru tidak terpaku pada waktu dan target yang ada di dalam kurikulum Bahasa Indonesia, akan tetapi guru harus fleksibel dengan kondisi yang dihadapi dalam pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Doyin, M. dkk. 2009. Bahasa Indonesia Penulisan Karya Ilmiah. Semarang. UNNES Press.

Muclisoh, dkk. 1996. Materi Pendidikan bahasa Indonesia 3; 1-9; PPDG2430/5SKS. Jakarta: Universitas Terbuka, Depdikbud.

Rofi’uddin, A & Zuhdi. A. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Surabaya. Universitas Negeri Malang.

Zuchdi. D. & Budiasih. 2001. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Yogyakarta: PAS.

Post a Comment

0 Comments