Temui Saya di Facebook

Pengertian Alat Musik Ritmis dan Melodis


Paryanto (2010: 27-34) alat musik terdiri atas dua, yaitu alat musik ritmis (tanpa nada) tidak lain adalah alat musik pukul tanpa nada, yang disebut juga alat musik pukul irama. Contohnya: gendang (kendang), rebana, tambur, triangel. Berdasarkan ciri, karakter, atau sifat bunyinya, alat musik pukul tanpa nada dapat dikelompokkan dalam dua macam, yakni alat musik pukul tanpa nada yang berat dan yang ringan. Yang berat contohnya: gong, genderang, (bass-drum); yang ringan, contohnya: rebana, tongkat (stik). Adapun alat musik melodis (bernada) meliputi alat musik pukul bernada dan alat musik bernada lainnya. Alat musik pukul bernada dapat berfungsi, dapat digunakan, sebagai alat musik melodi dan alat pukul irama. Contohnya: gitar dan kulintang. Alat musik ini dapat memainkan melodi, dapat juga digunakan untuk iringan seperti memainkan pola irama atau memukul birama lagu.
Alat musik dari setiap daerah di Nusantara diciptakan sebagai wujud ekspresi kesenian masyarakat setempat. Alat musik tradisional diciptakan untuk maksud-maksud tertentu, misalnya pengiring upacara tradisional, pengiring lagu-lagu daerah, dan kegiatan keagamaan. Alat musik ritmis memang tidak sekompleks alat musik melodis, akan tetapi alat musik ritmis juga mempunyai ragam bentuk baik yang di pukul dengan tangan, dipukul dengan alat, dan bahkan di kocok, yaitu: drum, kendang, triangle, simbal, rebana, dll.
Setianingsih, dkk, (1999:16) menegaskan alat musik melodis sangat beragam baik nama, bentuk dan cara memainkanya. Berdasarkan cara memainkannya alat musik melodis dibedakan menjadi 4 yaitu:(1) Alat musik melodis tiup: recorder, seruling, terompet, harmonika, pianika, seksofon, (2) Alat musik melodis petik: mandolin, gitar, kecapi, (3) Alat musik melodis gesek: selo, rebab, biola, (4) Alat musik melodis pukul: bonang, saron, gambang
Dari berbagai pndapat mengenai alat musik, dapat disimpulkan alat musik merupakan suatu instrumen yang dibuat atau dimodifikasi untuk tujuan menghasilkan musik. Pada prinsipnya yaitu segala sesuatu yang memproduksi suara, dan dengan cara tertentu bisa diatur oleh manusia, dapat disebut sebagai alat musik
Setianingsih, dkk, (1999:16) menegaskan alat musik melodis sangat beragam baik nama, bentuk dan cara memainkanya. Berdasarkan fungsinya alat musik dibedakan menjadi  yaitu:
Alat Musik Ritmis
Alat musik ritmis merupakan alat musik yang dalam permainannya memberikan irama (ritme) tertentu dalam pergelaran musik. Hal ini juga berhubungan dengan ketukan (pulsa) dan birama. Yang termasuk kedalam alat musik ritmis adalah bass, gong, kendang, castanets, simbal, timpani, tamburin, rebana, triangle, claves, pandiero, stiks, bongo, dan dram.
Rebana adalah alat musik berbentuk gendang pipih bundar yang dibuat dari tabung kayu pendek dan agak lebar ujungnya. Pada salah satu ujungnya diberi membrane/kulit. Cara memainkanya adalah dengan cara dipukul/ditepuk.
Menurut Rima (2010:69)  rebana adalah gendang berbentuk bundar, pipih, dan berkulit satu. Bingkai rebana berbentuk lingkaran dari kayu, dengan salah satu sisi berlapis kulit kambing. Rebana biasanya dimainkan untuk mengiringi lagu-lagu bernafaskan agama Isllam, yang berisi doa-doa, nasihat-nasihat ataupun salawat, yang dilantunkan dalam bahasa Melayu, Arab, ataupun Bahasa Indonesia. Rebana dimainkan dalam sebuah kelompok beranggota 3-7 orang, atau lebih. Para pemain memegang rebana sambil bernyanyi.

Alat Musik Melodis
Alat musik melodis merupakan alat musik yang digunakan untuk memainkan nada-nada atau melodi sebuah lagu. Misalnya rekorder, pianika, organ, terompet, gitar, flute, rebab, angklung, mandolin, suling, dan glockenspiel.
Menurut Narimo, dkk (2010: 118) pianika adalah bentuk kecil dari piano atau organ. Alat ini dimainkan dengan cara ditiup dengan menggunakan mouthpiece sambil menekan bilah-bilah pada papan pianika. Jadi, pianika merupakan alat musik melodis yang ditiup. Pianika memiliki bilah-bilah nada yang dinamakan tuts. Setiap tuts pianika memiliki satu nada tertentu. Ada dua tuts pada pianika yaitu: (1) tuts berwarna putih, untuk memainkan nada-nada asli atau natural, yaitu nada-nada yang belum mendapat kromatis baik dinaikkan maupun diturunkan. (2) tuts berwarna hitam, untuk memainkan nada-nada perubahan, yaitu nada yang telah diberikan kromatis baik dinaikkan setengah maupun diturunkan setengah. Pianika merupakan alat musik melodis yang mudah dimainkan dengan teknik sederhana. Pianika dapat mengeluarkan dua nada atau lebih dalam satu kali tiupan.
Hal pokok yang harus diperhatikan dalam memainkan pianika adalah teknik penjarian dan kontrol pernapasan. Semakin kuat kamu meniup, semakin kuat bunyi yang dihasilkan. Berikut teknik bermain pianika untuk menghasilkan suara tiupan yang baik, perlu memperhatikan teknik peniupan diantaranya: (1) tiupan lembut dan stabil, (2) yangan kiri untuk memegang dan jari-jari tangan kanan untuk mencari nada, (3) tiap-tiap jari mempunyai tugas untuk menekan tuts nada, (4) hindari otot jari yang tegang.

DAFTAR PUSTAKA
Narimo dan Eka K. 2010. Seni Budaya dan Keterampilan Untuk SD/MI Kelas IV. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasiopnal

Paryanto, J. dkk. 2010. Seni Budaya dan Keterampilan. Surakarta: Mediatama

Rima, Y. 2010. Mengenal Alat Musik. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

Setianingsih, D. P. dkk. 1999. Kerajinan Tangan dan Kesenian Untuk SLTP Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Post a Comment

0 Comments