Menurut Susilana (2009:1)
pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang melibatkan seseorang dalam upaya
memperoleh pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai positif dengan
memanfaatkan sebagai sumber untuk belajar. Pembelajaran di Sekolah Dasar saat
ini semakin berkembang pesat, dari pembelajaran yang bersifat tradisional
sampai pembelajaran dengan sistem modern. Kegiatan pembelajaran bukan lagi
sekedar mengajar tetapi lebih kompleks lagi dan dilaksanakan dengan pola-pola
pembelajaran yang beraneka ragam.
Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2007, pembelajaran Bahasa
Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk
berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan
maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan
manusia Indonesia. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan yang diutarakan,
dapat disimpulkan bahwa salah satu tujuan pembelajaran Bahasa Indonesia adalah
mempersiapkan siswa untuk berkomunikasi dengan baik dan benar. Siswa diharapkan
mempunyai keterampilan Berbahasa Indonesia sehingga terampil menggunakan Bahasa
Indonesia sebagai alat komunikasi.
Pembelajaran bahasa di
Sekolah Dasar mencakup empat aspek keterampilan, yaitu keterampilan menyimak,
keterampilan berbicara, keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Keempat
aspek keterampilan inilah yang harus dikuasi siswa dalam proses pembelajaran
Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Terampil berbahasa bermakna terampil
menyimak, berbicara, membaca dan menulis dalam Bahasa Indonesia. Proses
pembelajaran di SD diharapkan bertumpu ke siswa sebagai subyek belajar bukan
sebagai obyek belajar. Pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan dalam kehidupan
sehari-hari siswa baik lisan maupun tulis dalam konteks Bahasa Indonesia.
Pemakaian Bahasa Indonesia dalam kehidupan siswa seperti melalui penggunaan
wacana tulis dan wacana lisan. Wacana tulis berkembang melalui surat kabar,
majalah, persuratan, buku pengetahuan, dan lain-lain. Wacana lisan berkembang
melalui percakapan sehari-hari, televisi, radio, pidato, dan sebagainya.
DAFTAR PUSTAKA
Susilana,
R. & Riyana. C. 2009. Media
Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
0 Comments